VIVI LISNAWATI'S HOUSE

Welcome in my blog......^_^

Wednesday 27 February 2013

PERENCANAAN BISNIS ( CREPES HOTDOG)





CREPES HOT DOG “CREDOG”
1.      LATAR BELAKANG
Mencari makanan sekaligus camilan yang praktis, enak, mengenyangkan, higenis tanpa harus merasa tiap kali belepotan untuk menikmatinya, contohnya sisa saus dari makanan ringan yang menempel di baju dan membuat kita gerah kerepotan untuk membersihkannya, berarti saat ini kita telah salah mengartikan, makanan yang kita makan bukan lagi makanan praktis tapi makanan yang menyusahkan, benarkah?
Memang sangat sulit dimasa saat ini mencari makanan yang sesuai dengan selera dan paksaan gaya hidup serbah praktis, kita dituntut untuk melakukan segala sesuatu dengan cepat dan tepat karena rutinitas yang semakin bertambah pada setiap orang di masa modern ini. Kebanyakan makanan ringan yang disajikan yang umumnya menjadi sasaran utama masyarakat yang sibuk dan ingin praktis untuk menjadikan makanan yang juga dapat merangkap sebagai camilan sebagai menu makan siang bahkan menu sarapan sekalipun. Tapi makanan yang sekaligus dapat menjadi camilan umumnya merepotkan, contohnya hot dog atau burger, setiap kali makan kita harus kerepotan membersikan sisa makanan yang kadang kala berceceran di baju atau celana kita ditambah lagi makanan yang kita makan selalu susah untuk menikmatinya karena susunannya yang sering bergeser sana bergeser sini sehingga sulit untuk kita langsung menggigit makanan tersebut. Tentu sangat tidak praktis dan efisien.
Hot dog adalah makanan yang masih jarang dikenal masyarakat Indonesia berbeda dengan burger yang mungkin hampir semua orang tahu. Hot dog adalah makanan yang sebenarnya rasa dan bahan-bahan yang digunakan sama dengan hot dog hanya saja hot dog menggunakan sosis dan roti berbentuk lonjong panjang dan burger menggunakan daging berbentuk bulat dan roti yang bulat pula. Hot dog sebagian orang mengenalnya sebagai makanan asli negeri paman sam sangat enak dan mengenyangkan kebanyakan dinegeri asalnya hot dog dinikmati sebagai menu santap siang yang menjadi pilihan nomor wahid. Sedangkan diindonesia sendiri kebanyakan orang tak peduli pagi siang atau bahkan malam sekalipun hot dog dapat dinikmati. Nah disinilah peluang awal yang sebenarnya saya kejar saat ini. Tetapi seiring perkembangan jaman sekarang ini ternyata tidak banyak inovasi yang dihadirkan bagi hot dog, umumnya baik penyajian, maupun komposisi bahannya yang tidak banyak berubah. Padahal banyak yang menantikan jenis makanan yang dapat membuat hidup lebih praktis dan higenis dan “ say no untuk hidup yang merepotkan!” moto bagi manusia modern pada saat sekarang ini. Saya sendiri adalah tipe yang memang benci hal-hal yang merepotkan dan salah satunya makanan yang saya nikmati juga harus sesuai dengan tipe saya, saya melihat bahkan saya sendiri menyukai hot dog dan burger tetapi enggan memakannya karena takut belepotan apalagi saya mahasiswi yang tidak mau diejek karena belepotan menyantap hot dog atau burger, teman-teman saya bahkan juga enggan walau mereka suka mereka harus terpaksa menghabiskan banyak sheet tisyu untuk membersikan diri dari sisa saus burger atau hot dog. Sepele menang, tisyu dapat menjadi salah satu hal yang membuat pemanasan global merebak, karena peningkatan kebutuhan tisyu meningkat dan penebangan pohon akan meningkat pula, hutan gundul dan bumi terancam hanya karena burger dan hot dog.?????percaya atau tidak kerusakan besar dimulai dari hal kecil, hal itu lah yang juga menjadi perhatian sekaligus peluang kedua saya.
Saya suka hot dog tapi saya juga menyukai crepes, tepatnya lebih menyukai crepes makanan yang sangat praktis dan lebih mudah disantap karena tidak merepotkan saat menikmatinya. Padahal saya yang sangat menyukai hot dog sangat ingin hot dog bisa seperti crepes jadi saya mudah menyatapnya dan tidak belepotan, saya pikir semua orang memiliki pemikiran yang sama dengan saya. Saya berfikir apa jadinya bila hot dog dan crepes disatukan? Berbicara tentang crepes adalah makanan ringan yang sering disajikan dengan coklat meises, keju, pisang atau kacang, masih jarang ditemukan diindonesia, rasanya enak renyah dan praktis. Namun juga belum melakukan banyak inovasi didalamnya. Sangat praktis, itulah bidikan peluang ketiga  untuk saya.
Saya ingin menawarkan makanan yang higenis, enak, mengenyangkan, dan praktis tentunnya tanpa menjadikan saya orang yang berkontribusi besar sebagai perusak bumi. Saya memilih hot dog karena saya sendiri menyukai hot dog dan ingin semua orang yang enggan memakan hot dog menjadi ingin lagi dan lagi tentunya. saya memberikan sedikit inovasi didalamnya dengan mengganti roti hot dog yang lonjong dengan crepes yang renyah dan gurih untuk mempermudah memegangnya dan menghindari saus dan mayones mengotori pakaian kita. Membuat saya ingin menjadikannya sebagai peluang usaha yang baru. Dan bagi wanita yang umumnya takut menyantap hot dog juga karena roti yang mengandung banyak karbohidrat yang dapat menggemukkan badan maka jangan khawatir karena crepes memiliki lebih sedikit kalori dan tentunya membuat kita nyaman menyantapnya tanpa harus takut gemuk. Rasa yang ditawarkan pun akan lebih variatif atau beda dari pada hotdog yang biasa dijual dicafe-café atau restaurant dijamin akan lebih memuaskan selera kita saat menikmatinya, tentunya dengan harga yang bersahabat. Peluang terakhir saya.

2.      TUJUAN BISNIS
Tujuan bisnis saya adalah memberikan inovasi baru bagi dunia kuliner dengan kemudahan dalam menyantap makanan secara praktis dan higenis. Serta membantu usaha pelestarian lingkungan dengan menciptakan produk yang tidak mendukung pemanasan global walau melalui cara sederhana.

3.      LUARAN YANG DIHARAPKAN
Saya mengharapkan dengan adanya usaha yang akan saya jalankan ini dapat :
·         Membudayakan hidup tidak hanya secara praktis tetapi juga higenis bagi masyarakat Indonesia
·         Membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat yang kesulitan mencari pekerjaan
·         Mengkampanyekan masyarakat sadar akan pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunan tisyu
·         Mengembangkan usaha keberbagai daerah diindonesia dan menjalin kemitraan usaha
4.      DESKRIPSI PRODUK
4.1 PRODUK YANG DIPASARKAN
*      Crepes Hot Dog original sapi/ayam
Crepes yang dibuat sebagai pengganti roti pada hot dog yang diisi dengan sosis sapi atau sosis ayam, selada, mentimun, bawang Bombay, dan tomat serta di beri toping saus tomat dan saus sambal dan mayones gurih, rasanya nikmat gurih dan ditambah sensasi krispi dari crepes. Kemasannya pun simple dan menarik serta tidak menggunakan bahan kertas yang banyak karena hanya menggunakan sedikit bahan kertas penjepit kecil yang diletakkan ditengah hot dog seperti cincin untuk memudahkan memakannya.

*      Crepes hot dog sapi/ayam + keju
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog original hanya saja diberi tambahan keju lembaran yang gurih dan pilihan dengan merek ternama. Rasanya akan lebih enak dan variatif.

*      Crepes hot dog sapi/ayam + telur
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog original hanya saja diberi tambahan telur dadar yang digulung dengan sosis rasanya tak kala dengan varian rasa yang lain.

*      Crepes hot dog sapi/ ayam + rumput laut kering
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog original hanya saja diberi tambahan lembaran rumput laut kering yang gurih dan renyah menambahkan rasa aroma laut yang khas.

*      Crepes hot dog sapi/ayam jagung
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog original hanya saja diberi tambahan butiran jagung manis yang memberikan tawaran rasa khas manisnya jagung yang berbeda dari pada yang lain.

*      Crepes hot dog sapi/ayam jamur
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog original hanya saja diberi tambahan jamur kancing yang kenyal dan memberikan sensasi rasa mengejutkan bagi penikmatnya.

*      Crepes hot dog sapi/ayam 2 kombinasi ( sesuai selera )
Jenis crepes yang  ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk meracik sendiri crepes hot dog yang diinginkan dengan memadupadankan Crepes Hot Dog original sapi/ayam dengan 2 bahan tambahan misalnya Crepes Hot Dog original sapi/ayam dikombinasikan dengan keju dan telur. Atau Crepes Hot Dog original sapi/ayam dengan jagung dan jamur, semuanya sesuai selera sehingga konsumen lebih dapat puas mengkombinasikan seleranya.

*      Crepes hot dog sapi/ayam 3 kombinasi ( sesuai selera )
Sama dengan Crepes hot dog sapi/ayam 2 kombinasi, hanya saja bahan tambahannya dapat ditambah 3 bahan bila konsumen memiliki selera yang lebih banyak. Sehingga tidak bingung menentukan pilihan. Misalnya Crepes Hot Dog original sapi/ayam dikombinasikan dengan telur, keju dan rumut laut kering, rasanya nikmat dan sangat beragam tentunya.

4.2 PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI/PENGGUNA
Saya menargetkan pasar yang dibidik adalah kalangan mahasiswa dan pekerja sekitaran USU awalnya, baru bila mendapat sambutan baik akan merambah ke universitas lainnya seperti UNIMED atau HARAPAN. Tempat awal yang saya bidik yakni USU adalah tempat yang saya analisis memiliki banyak lokasi stategis yang sangat mendukung usaha saya, lokasi dimana banyak mahasiswa berwara wiri, atau bahkan nongkrong sangat memberi banyak peluang bagi saya untuk memulai usaha disana, juga para pekerja yang juga sering tampak memburu makan siang disekitar USU memberi peluang lebih. Sifat mahasiswa yang banyak menyukai makanan unik dan variatif serta harga yang bersahabat juga sangat mendukung usaha saya ini.

VOLUME PENJUALAN
Jenis produk
Unit/hari
Total nilai (Rp)
Crepes Hot Dog original sapi/ayam
10
Rp.70.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + keju
5
Rp.45.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + telur
10
Rp.80.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + rumput laut kering
5
Rp.45.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + jagung
5
Rp.50.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + jamur
5
Rp.50.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam 2 kombinasi
3
Rp.39.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam 3 kombinasi
3
Rp.45.000
TOTAL
80
Rp.424.000

4.3 KEUNGGULAN BARANG ATAU JASA YANG DIHASILKAN
Keunggulan usaha yang saya jalankan adalah sebagai berikut

1.      Inovasi rasa yang ditawarkan penuh variasi
2.      Produk yang praktis dan higenis
3.      Penyajian yang unik dan simple serta ramah lingkungan
4.      Harga yang relatif terjangkau






5.      PERENCANAAN PEMASARAN BISNIS
5.1  STRATEGI PEMASARAN
*      Strategi produk ( kemasan dan merek )
Kemasan produk yang ditawarkan unik, simple, ramah lingkungan dan higenis. Serta sangat menarik tentunya.
*      Strategi distribusi
Proses penjualan dilakukan oleh 1 orang tenaga kerja yang bertugas melayani dan membuat pesanan secara langsung yang dituntut ramah, bersih dan jujur pada konsumen.
*      Strategi promosi ( iklan, brosur, pameran)
1.      Promosi penjualan
·         Jaminan kualitas produk
·         Gerai unik dan menarik
·         Memberikan potongan harga pada pembelian tertentu
·         Keikutsertaan pada even pameran/bazaar
·         Memberikan taster bagi calon pembeli
2.      Iklan
·         Brosur yang dilengkapi daftar harga
*      Strategi penetapan harga
Harga yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan konsumen dan jenis bahan yang digunakan, taksirannya adalah sebagai berikut :
Jenis produk
Harga
Crepes Hot Dog original sapi/ayam
Rp 7000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + keju
Rp 9000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + telur
Rp 8000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + rumput laut kering
Rp 9000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + jagung
Rp 10.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam + jamur
Rp 10.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam 2 kombinasi
Rp 13.000
Crepes Hot Dog original sapi/ayam 3 kombinasi
Rp 15.000



5.2  ANALISIS PESAING
PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Penjual makanan ringan/camilan lain disekitar USU
Harga yang murah
1.      Tidak higenis
2.      Kemasan kurang menarik
3.      Rasa yang ditawarkan tidak variatif
Café dan restaurant di sekitar kampus
Rasa yang ditawarkan
Cukup menarik
1.      Harga yang
Tidak sesuai
Kantong
masyarakat

5.3  ANALISIS PRODUKSI (OPERASI)
5.3.1        PROSES PRODUKSI

CREPES HOT DOG
 BAHAN
Bahan Kulit:
1.      200 gram tepung terigu protein sedang
2.      1 sendok teh baking powder
3.      1 butir telur
4.      20 gram gula pasir halus
5.      300 susu cair
6.      1/4 sendok teh garam
7.      2 sendok makan margarin, dilelehkan
 Bahan isian :
1.   Selada
2.   Mentimun
3.   Tomat
4.   Bawang Bombay
5.   Sosis ayam/sapi

Pelengkap :
1.      Keju
2.      Telur
3.      Rumput laut kering
4.      Jagung
5.      Jamur

ALAT
1.      Kompor gas
2.   Gelas
3.   Wajan datar martabak
4.   Sutil
5.   Sendok sayur
CARA PEMBUATAN
1.      Kocok lepas telur dan gula pasir halus sampai gula larut. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
2.      Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu dan baking powder sambil diaduk rata. Tambahkan garam dan margarin leleh. Aduk rata.
3.      Panaskan wajan martabak.
4.      Tuang satu sendok sayur kecil adonan. Segera ratakan sampai tipis.
5.      Tata irisan selada, tomat, mentimun, bawang Bombay, dan 1 buah sosis, dan beri bahan tambahan sesuai selera, beri saus cabai dan saus tomat secukupnya dan terakhir tambahkan mayones, lalu lipat bagian bawahnya lalu lanjut kesisi kiri dan kanannya sampai berbentuk lonjong panjang dan sedikit berbentuk segitiga. Angkat sajikan.

5.2.2        BAHAN BAKU DAN PENOLONG
BAHAN BAKU PENGGUNAANNYA
BAHAN BAKU
KEBUTUHAN RATA-RATA / BULAN
SUMBER
Sosis ayam
30 bungkus
Carefour
Sosis sapi
30 bungkus
Carefour
Mentimun
30 kg
Pajak sore djamin ginting
Selada
2 kg
Pajak sore djamin ginting
Tomat
20 kg
Pajak sore djamin ginting
Bawang Bombay
20 kg
Pajak sore djamin ginting
Tepung terigu segitiga bigu
10 kg
Carefour
Baking powder
3 cup kecil
Carefour
Telur
40 butir
Pajak sore djamin ginting
Gula pasir
2 kg
Carefour
Garam
1 bungkus kecil
Carefour
Margarine buleband
3 kaleng sedang
Carefour
Susu cair
10 kotak besar
Carefour

BAHAN PENOLONG DAN PENGGUNAANNYA
BAHAN PENOLONG
KEBUTUHAN RATA-RATA/ BULAN
SUMBER
Saus tomat
30 botol
Carefour
Saus cabai
30 botol
Carefour
Mayonais
30 botol
Carefour
Keju
15 lembar
Carefour
Rumput laut
1 bungkus besar
Carefour
Jamur
15 kaleng
Carefour
Jagung
15 kaleng
Carefour

6.      RENCANA KERJA
Kegiatan
Bulan ke
1
2
3
4
5
Peralatan dan perlengkapan




Perekrutan pekerja




Gerai tempat usaha




Penambahan pelayanan




Pengembangan usaha




Pembukuan aliran kas usaha








7.      PROYEKSI KEUANGAN
7.1  BIAYA INVESTASI AWAL
ITEM
JUMLAH BIAYA
1 unit kompor gas HOK
Rp 150.000
1 unit tabung gas
Rp 150.000
1 set peralatan dapur (wajan, sutil, sendok, pisau dll)
Rp  300.000
I unit stelling dan kursi plastic
Rp 520.000
I unit gerai gerobak
Rp 1.500.000
1 rim brosur
Rp 100.000
5 lusin kertas penjepit hot dog
Rp 200.000
Gas 30 kg
Rp 15.000
Total
Rp 2.935.000

7.2  LAPORAN KEUANGAN
PROYEKSI LAPORAN ARUS KAS 3 BULAN AWAL USAHA
CREPES HOT DOG “ CREDOG”
TAHUN 2013

Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
A.    PENERIMAAN (berdasarkan perkiraan )



Penerimaan penjulan
Rp 12.720.000
Rp 12.720.000
Rp 12.720.000
Penerimaan pinjaman
Rp 3.000.000
Rp 0
Rp 0
Penerimaan lain-lain
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Sub total penerimaan
Rp 15.720.000
Rp 12.720.000
Rp 12.720.000
B.     PENGELUARAN (sesuai dengan kebutuhan)



Pembelian asset (investasi)
Rp 2.935.000
Rp 0
Rp 0
Pembelian bahan baku
Rp 2.765.000
Rp 2.765.000
Rp 2.765.000
Pembelian bahan penolong
Rp 1.435.000
Rp 1.435.000
Rp 1.435.000
Upah pekerja produksi
Rp 700.000
Rp 700.000
Rp 700.000
Biaya transport (pengiriman produk)
Rp 400.000
Rp 400.000
Rp 400.000
Biaya produk lain-lain
Rp 300.000
Rp 300.000
Rp 300.000
Gajih pinjaman
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Gajih staf administrasi dan umum
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Biaya pemeliharaan
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Biaya pemasaran
Rp 250.000
Rp 250.000
Rp 250.000
Alat tulis kantor
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Biaya air/listrik/telepon
Rp 150.000
Rp 150.000
Rp 150.000
Sewa tempat
Rp 300.000
Rp 300.000
Rp 300.000
Angsuran pokok
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Biaya bunga
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Biaya pajak
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Biaya lain-lain
Rp 0
Rp 0
Rp 0
Sub total pengeluaran
Rp.
Rp 6.300.000
Rp 6.300.000
C.     SELISIH KAS
Rp 0
Rp 6.420.000
Rp 6.420.000
D.     SALDO KAS AWAL
Rp 6.485.000
Rp 6.485.000
Rp 6.485.000
E.     SALDO KAS AKHIR
Rp 6.485.000
Rp  65000
Rp 65000


















7.3  RENCANA ARUS KAS (CASH- FLOW)

RENCANA ARUS KAS (dalam ribuan rupiah)
CREPES HOT DOG “ CREDOG “
2013
A. PENERIMAAN
BLN 1
BLN 2
BLN 3
BLN 4
BLN 5
BLN 6
BLN 7
BLN 8
BLN 9
BLN 10
BLN 11
BLN12
penerimaan penjalan
12720
12720
12720
12500
12500
12500
12800
12800
12700
12600
12750
12800
penerimaan pinjaman
3000
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
penerimaan lain-lain
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
sub total penerimaan
15720
12720
12720
12500
12500
12500
12800
12800
12700
12600
12750
12800
B. PENGELUARAN












pembelian aset
2935
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
pembelian bahan baku
2765
2765
2765
2765
2765
2765
2765
2765
2765
2765
2765
2765
pembelian bahan pembantu
1435
1435
1435
1435
1435
1435
1435
1435
1435
1435
1435
1435
upah pekerja produksi
700
700
700
700
700
700
700
700
700
700
700
700
trasport
400
400
400
400
400
400
400
400
400
400
400
400
biaya produksi lai-lain
300
300
300
300
300
300
300
300
300
300
300
300
gajih pimpinan
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
gajih staf adm
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
biaya pemeliharaan
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
biaya pemasaran
250
250
250
250
250
250
250
250
250
250
250
250
alat tulis kantor
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
listrik/air/telepon
150
150
150
150
150
150
150
150
150
150
150
150
biaya sewa tempat
300
300
300
300
300
300
300
300
300
300
300
300
angsuran pokok
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
biaya bunga
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
biaya pajak
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
pengeluaran lain-lain
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
sub total pengeluaran
9235
6300
6300
6300
6300
6300
6300
6300
6300
6300
6300
6300
C. SELISIH KAS
0
6420
6420
6200
6200
6200
6500
6500
6400
6300
6450
6500
D. SALDO KAS AWAL
6485
6485
6485
6485
6485
6485
6485
6485
6485
6485
6485
6485
E. SALDO KAS AKHIR
6485
12905
12905
12685
12685
12685
12985
12985
12885
12785
12935
12985







8.      ANALISIS RESIKO USAHA
8.1  ANALISIS RESIKO USAHA
Adapun resiko usaha yang pasti akan saya hadapai adalah sebagai berikut :
·         Kenaikan harga bahan baku yang tidak menentu
·         Kenaikan UMR
·         Selera masyarakat yang menurun
·         Kerusakan peralatan
·         Premanisme
·         Munculnya usaha dengan meniru produk
·         Tenaga kerja yang tidak professional ( terkait pelayanan terhadap konsumen)
8.2  ANTISIPASI RESIKO USAHA
Untuk mengantisipasi resiko yang akan muncul saya melakukan beberapa hal sebagai berikut :
·         Menjalin kemitraan
·         Menjalin hubungan kerja yang baik dengan karyawan
·         Menciptakan variasi rasa terbaru bagi produk
·         Perawatan peralatan secara berkala dan rutin
·         Menjalin kerjasama yang baik dengan anggota keamanan disekitar tempat usaha
·         Memberikan ciri khas bagi produk yang sulit ditiru pesaing
·         Merekrut tenaga kerja yang professional

9.      PENUTUP
Demikian saya membuat perencanaan bisnis ini, semoga segera dapat telealisasikan, dan dapat memberi insfirasi bagi saya kedepannya untuk terus maju mendukung terlaksananya bisnis saya ini tentunya dengan prosfek yang baik. namun saya menyadari masih banyaknya kesalahan baik itu kekurangan atau ketidak jelasan dalam hal penulisan atau analisis perencanaan bisnis ini saya mohon kan untuk kritik dan saran yang saya harap dapat memotivasi saya untuk lebih baik kedepannya, dan semoga rencana bisnis ini segera berjalan dengan baik.

3 comments: