VIVI LISNAWATI'S HOUSE

Welcome in my blog......^_^

Tuesday 17 September 2013

Cemilan Khas Turki

Turki adalah negara yang sangat kaya akan budaya dan rasa. Sangkin banyaknya negara tetangga Turki, penduduknya mempunyai keturunan dari aneka ragam ras. Saya berlibur empat hari di Istanbul, kota terbesar di Turki yang terbagi menjadi dua bagian, Turki Asia dan Turki Eropa. Tentunya, saya mendapatkan berbagai cerita seru untuk kamu! 

Turkish Delight
Turkish Delight adalah suatu jajanan khas Turki yang telah mendunia dan menjadi favorit para turis untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan yang sangat unik ini bentuk dan rasanya seperti jelly, kenyal dan sangat manis, dan dilapisi oleh taburan gula yang menyerupai bedak. Cemilan ini hadir dalam berbagai rasa, seperti, pistachio, mint, bermacam rasa buah dan kacang.



Baklava
Jajanan asal Turki yang dapat ditemui dimana-mana adalah Baklava. Makanan ini isinya bermacam rasa kacang yang dicincang dan dicampur oleh gula atau madu. Kacang tersebut lalu dibungkus dengan berlapis lapis adonan roti tipis, mirip seperti spring roll. Favorit saya tentunya yang rasa pistachio. Kalau disajikan fresh dari panggangan, tekstur luarnya sangat garing, dengan isi yang amat kenyal dan manis seperti susu kental manis. Yum!
 

Midye Dolmasi
Satu lagi makanan jalanan khas Turki adalah Midye Dolmasi (Turkish stuffed mussels).  Penjualnya hanya berdiri di pinggiran jalanan dengan stand yang berisi kerang. Kerang ini diisi oleh nasi merah yang sudah dimasak dan dibumbui oleh garam, lada dan bumbu-bumbu lainnya. Saya yang tidak begitu suka memakan kerang, surprisingly sangat menyukai makanan ini. Rasanya seperti tidak makan kerang karena tidak ada bau amis pada kerangnya. Nasinya sangat padat dan rasanya menyerupai lemper.
Turkish Ice Cream
Sebagai penutup, rasanya belum lengkap tanpa makanan penutup seperti es krim. Dilengkapi oleh Turkish Ice Cream, yang tidak mungkin terlewatkan oleh pengunjung, karena dapat di beli di International Airport di Istanbul. Tentunya, lagi-lagi saya pesan yang rasa pistachio (terdapat juga rasa vanila dan coklat). Pengalaman memakan es krim ini rasanya benar-benar lain dari yang lain. Kalau dipandang terlihat seperti es krim biasa. Tetapi, ketika dimakan teksturnya begitu kenyal seperti makan permen, sehingga lebih nikmat jika dikonsumsi sambil mengunyah. Unforgettable!

No comments:

Post a Comment