VIVI LISNAWATI'S HOUSE

Welcome in my blog......^_^

Friday 1 March 2013

RESEP TTEOKBOKKI

TTEOKBOKKI

membayangkan makanan ini mungkin masih jarang ya diketahui oleh kita, resep kue beras korea ini terkenal banget di negaranya. disini sih belum banyak yang tau, tapi mungkin bagi K-POP LOVERS udah ngga asing lagi y, terutama buat temen kampus ku RISE ELF yang cinta alias fans fanatik suju yang notabennya boyband korea yang unyu unyu...bagi dia ngga asing kali y..hahahah
resep ini aku rekomendasiin deh buat dia, dan untuk kalian blogger, resep ini udah aku coba, rasanya ngga kalah kok sama tteokbokki koreanya( emang udah pernah nyoba yang asli korea??), awalnya agak kelabakan nyari bahan-bahannya, coz kebanyakan bahannya asli korea jadi masih jarang disini, tapi dengan sedikit kreatifitas dan inovasi, cieeh...sok bgt y, hahah akhirnya...jadi deh tteokbokki jadi-jadian pake bahan yang udah dimodifikasi alias udah di ganti dengan bahan yang ada diindonesia yang ngga jauh beda kok sama aslinya...
pertama kali buat rasanya udah enak kok, jadi jangan takut mencoba...
resep ini juga aku liat pertama x dari hasil cari sana sini di mbah google kok, ternyata ada juga yang sesuai sama keinginan.
coba yaa...rasanya mak nyyooos!!!!berasa kaya jadi personel SNSD dah pokoknya alias berasa kaya jadi orang korea beneran setelah makan tteokbokki ini..hahahah, selamat mencoba!!!
Tteokbokki adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha.(gerobak makanan di pinggir jalan)
Bahan-bahan buat TTteokbokki :
  • 250gr tteok yg sudah jadi. Berhubung di sini (Bandar Lampung.red) enggak tersedia tteok yg udah jadi. Tteoknya dibuat sendiri deh, dari 250 gr tepung beras. Cara buatnya mirip cara2 buat pempek lenjer ga pake daging ikan, hehehe. jadi kira2 50gr tepung berasnya disiram sama air panas, terus diulen sama tepungberas lagi sampe bisa dibentuk silinder panjang. Lalu di kukus, entar jadinya seperti ini.

  • Bakso Ikan, ini kira-kira 2 buah aja :

  • 3 siung bawang putih, ditumbuk/dicacah halus.
  •  Bumbu pelengkap seperti bawang bombay, daun bawang, cabe giling (seharusnya pake cabe yang sudah difermentasi khas Korea, tapi enggak ada jualannya di bandar Lampung), 1/2 wortel utuh, 2 bh tomat, kembang kol secukupnya. 

  • 1/2 sdt Minyak wijen 

  • Kaldu ayam/sapi secukupnya
  • Gula serta Garam secukupnya.
Cara membuat :

  • Bawang putih + garam secukupnya dihaluskan.
  • Potong tteok, bakso ikan, serta  daun bawang bagian hijaunya

  • Iris bumbu2 tambahan seperti bawang bombay, daun bawang bagian putihnya, tomat, wortel dan kembang kol.
  •  Tumis irisan bawang bombay, bawang putih yg sudah dihaluskan sampai wangi. Tambahkan potongan daun bawang bagian putihnya, cabe giling,irisan tomat dan gula secukupnya. Lalu tambahkan sedikit kaldu dan minyak wijen.
  • Masukan wortel, potongan tteok serta bakso ikan, tambahkan air secukupnya. Diamkan sejenak sampai kuah sedikit menyusut, lalu masukan sayur seperti kembang kol dan potongan daun bawang. Diamkan sejenak. 
  • Setelah kuah tampak mengental, matikan api dan tteokbokki pun siap dihidangkan

welldone!!!!!

No comments:

Post a Comment