CREPES HOT DOG “CREDOG”
1.
LATAR
BELAKANG
Mencari
makanan sekaligus camilan yang praktis, enak, mengenyangkan, higenis tanpa
harus merasa tiap kali belepotan untuk menikmatinya, contohnya sisa saus dari
makanan ringan yang menempel di baju dan membuat kita gerah kerepotan untuk
membersihkannya, berarti saat ini kita telah salah mengartikan, makanan yang
kita makan bukan lagi makanan praktis tapi makanan yang menyusahkan, benarkah?
Memang sangat sulit dimasa saat ini
mencari makanan yang sesuai dengan selera dan paksaan gaya hidup serbah
praktis, kita dituntut untuk melakukan segala sesuatu dengan cepat dan tepat
karena rutinitas yang semakin bertambah pada setiap orang di masa modern ini. Kebanyakan
makanan ringan yang disajikan yang umumnya menjadi sasaran utama masyarakat
yang sibuk dan ingin praktis untuk menjadikan makanan yang juga dapat merangkap
sebagai camilan sebagai menu makan siang bahkan menu sarapan sekalipun. Tapi
makanan yang sekaligus dapat menjadi camilan umumnya merepotkan, contohnya hot
dog atau burger, setiap kali makan kita harus kerepotan membersikan sisa makanan
yang kadang kala berceceran di baju atau celana kita ditambah lagi makanan yang
kita makan selalu susah untuk menikmatinya karena susunannya yang sering
bergeser sana bergeser sini sehingga sulit untuk kita langsung menggigit
makanan tersebut. Tentu sangat tidak praktis dan efisien.
Hot dog adalah makanan yang masih jarang
dikenal masyarakat Indonesia berbeda dengan burger yang mungkin hampir semua
orang tahu. Hot dog adalah makanan yang sebenarnya rasa dan bahan-bahan yang
digunakan sama dengan hot dog hanya saja hot dog menggunakan sosis dan roti
berbentuk lonjong panjang dan burger menggunakan daging berbentuk bulat dan
roti yang bulat pula. Hot dog sebagian orang mengenalnya sebagai makanan asli
negeri paman sam sangat enak dan mengenyangkan kebanyakan dinegeri asalnya hot
dog dinikmati sebagai menu santap siang yang menjadi pilihan nomor wahid.
Sedangkan diindonesia sendiri kebanyakan orang tak peduli pagi siang atau
bahkan malam sekalipun hot dog dapat dinikmati. Nah disinilah peluang awal yang
sebenarnya saya kejar saat ini. Tetapi seiring perkembangan jaman sekarang ini
ternyata tidak banyak inovasi yang dihadirkan bagi hot dog, umumnya baik
penyajian, maupun komposisi bahannya yang tidak banyak berubah. Padahal banyak
yang menantikan jenis makanan yang dapat membuat hidup lebih praktis dan
higenis dan “ say no untuk hidup yang merepotkan!” moto bagi manusia modern
pada saat sekarang ini. Saya sendiri adalah tipe yang memang benci hal-hal yang
merepotkan dan salah satunya makanan yang saya nikmati juga harus sesuai dengan
tipe saya, saya melihat bahkan saya sendiri menyukai hot dog dan burger tetapi
enggan memakannya karena takut belepotan apalagi saya mahasiswi yang tidak mau
diejek karena belepotan menyantap hot dog atau burger, teman-teman saya bahkan
juga enggan walau mereka suka mereka harus terpaksa menghabiskan banyak sheet
tisyu untuk membersikan diri dari sisa saus burger atau hot dog. Sepele menang,
tisyu dapat menjadi salah satu hal yang membuat pemanasan global merebak,
karena peningkatan kebutuhan tisyu meningkat dan penebangan pohon akan
meningkat pula, hutan gundul dan bumi terancam hanya karena burger dan hot
dog.?????percaya atau tidak kerusakan besar dimulai dari hal kecil, hal itu lah
yang juga menjadi perhatian sekaligus peluang kedua saya.
Saya suka hot dog tapi saya juga
menyukai crepes, tepatnya lebih menyukai crepes makanan yang sangat praktis dan
lebih mudah disantap karena tidak merepotkan saat menikmatinya. Padahal saya
yang sangat menyukai hot dog sangat ingin hot dog bisa seperti crepes jadi saya
mudah menyatapnya dan tidak belepotan, saya pikir semua orang memiliki
pemikiran yang sama dengan saya. Saya berfikir apa jadinya bila hot dog dan
crepes disatukan? Berbicara tentang crepes adalah makanan ringan yang sering
disajikan dengan coklat meises, keju, pisang atau kacang, masih jarang
ditemukan diindonesia, rasanya enak renyah dan praktis. Namun juga belum
melakukan banyak inovasi didalamnya. Sangat praktis, itulah bidikan peluang
ketiga untuk saya.
Saya ingin menawarkan makanan yang
higenis, enak, mengenyangkan, dan praktis tentunnya tanpa menjadikan saya orang
yang berkontribusi besar sebagai perusak bumi. Saya memilih hot dog karena saya
sendiri menyukai hot dog dan ingin semua orang yang enggan memakan hot dog
menjadi ingin lagi dan lagi tentunya. saya memberikan sedikit inovasi
didalamnya dengan mengganti roti hot dog yang lonjong dengan crepes yang renyah
dan gurih untuk mempermudah memegangnya dan menghindari saus dan mayones
mengotori pakaian kita. Membuat saya ingin menjadikannya sebagai peluang usaha
yang baru. Dan bagi wanita yang umumnya takut menyantap hot dog juga karena
roti yang mengandung banyak karbohidrat yang dapat menggemukkan badan maka
jangan khawatir karena crepes memiliki lebih sedikit kalori dan tentunya
membuat kita nyaman menyantapnya tanpa harus takut gemuk. Rasa yang ditawarkan
pun akan lebih variatif atau beda dari pada hotdog yang biasa dijual
dicafe-café atau restaurant dijamin akan lebih memuaskan selera kita saat
menikmatinya, tentunya dengan harga yang bersahabat. Peluang terakhir saya.
2.
TUJUAN
BISNIS
Tujuan
bisnis saya adalah memberikan inovasi baru bagi dunia kuliner dengan kemudahan
dalam menyantap makanan secara praktis dan higenis. Serta membantu usaha
pelestarian lingkungan dengan menciptakan produk yang tidak mendukung pemanasan
global walau melalui cara sederhana.
3.
LUARAN
YANG DIHARAPKAN
Saya
mengharapkan dengan adanya usaha yang akan saya jalankan ini dapat :
·
Membudayakan hidup
tidak hanya secara praktis tetapi juga higenis bagi masyarakat Indonesia
·
Membuka lapangan kerja
baru bagi masyarakat yang kesulitan mencari pekerjaan
·
Mengkampanyekan
masyarakat sadar akan pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunan
tisyu
·
Mengembangkan usaha
keberbagai daerah diindonesia dan menjalin kemitraan usaha
4.
DESKRIPSI
PRODUK
4.1
PRODUK YANG DIPASARKAN
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam
Crepes yang dibuat sebagai pengganti
roti pada hot dog yang diisi dengan sosis sapi atau sosis ayam, selada,
mentimun, bawang Bombay, dan tomat serta di beri toping saus tomat dan saus
sambal dan mayones gurih, rasanya nikmat gurih dan ditambah sensasi krispi dari
crepes. Kemasannya pun simple dan menarik serta tidak menggunakan bahan kertas
yang banyak karena hanya menggunakan sedikit bahan kertas penjepit kecil yang
diletakkan ditengah hot dog seperti cincin untuk memudahkan memakannya.
Crepes
hot dog sapi/ayam + keju
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog
original hanya saja diberi tambahan keju lembaran yang gurih dan pilihan dengan
merek ternama. Rasanya akan lebih enak dan variatif.
Crepes
hot dog sapi/ayam + telur
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog
original hanya saja diberi tambahan telur dadar yang digulung dengan sosis
rasanya tak kala dengan varian rasa yang lain.
Crepes
hot dog sapi/ ayam + rumput laut kering
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog
original hanya saja diberi tambahan lembaran rumput laut kering yang gurih dan
renyah menambahkan rasa aroma laut yang khas.
Crepes
hot dog sapi/ayam jagung
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog
original hanya saja diberi tambahan butiran jagung manis yang memberikan
tawaran rasa khas manisnya jagung yang berbeda dari pada yang lain.
Crepes
hot dog sapi/ayam jamur
Bahannya juga sama dengan Crepes hot dog
original hanya saja diberi tambahan jamur kancing yang kenyal dan memberikan
sensasi rasa mengejutkan bagi penikmatnya.
Crepes
hot dog sapi/ayam 2 kombinasi ( sesuai selera )
Jenis crepes yang ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk
meracik sendiri crepes hot dog yang diinginkan dengan memadupadankan Crepes Hot
Dog original sapi/ayam dengan 2 bahan tambahan misalnya Crepes Hot Dog original
sapi/ayam dikombinasikan dengan keju dan telur. Atau Crepes Hot Dog original
sapi/ayam dengan jagung dan jamur, semuanya sesuai selera sehingga konsumen
lebih dapat puas mengkombinasikan seleranya.
Crepes
hot dog sapi/ayam 3 kombinasi ( sesuai selera )
Sama dengan Crepes hot dog sapi/ayam 2
kombinasi, hanya saja bahan tambahannya dapat ditambah 3 bahan bila konsumen
memiliki selera yang lebih banyak. Sehingga tidak bingung menentukan pilihan.
Misalnya Crepes Hot Dog original sapi/ayam dikombinasikan dengan telur, keju
dan rumut laut kering, rasanya nikmat dan sangat beragam tentunya.
4.2
PASAR YANG DITUJU
GAMBARAN
KARAKTERISTIK PEMBELI/PENGGUNA
Saya menargetkan pasar yang dibidik
adalah kalangan mahasiswa dan pekerja sekitaran USU awalnya, baru bila mendapat
sambutan baik akan merambah ke universitas lainnya seperti UNIMED atau HARAPAN.
Tempat awal yang saya bidik yakni USU adalah tempat yang saya analisis memiliki
banyak lokasi stategis yang sangat mendukung usaha saya, lokasi dimana banyak
mahasiswa berwara wiri, atau bahkan nongkrong sangat memberi banyak peluang
bagi saya untuk memulai usaha disana, juga para pekerja yang juga sering tampak
memburu makan siang disekitar USU memberi peluang lebih. Sifat mahasiswa yang
banyak menyukai makanan unik dan variatif serta harga yang bersahabat juga
sangat mendukung usaha saya ini.
VOLUME
PENJUALAN
Jenis
produk
|
Unit/hari
|
Total
nilai (Rp)
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam
|
10
|
Rp.70.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + keju
|
5
|
Rp.45.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + telur
|
10
|
Rp.80.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + rumput laut kering
|
5
|
Rp.45.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + jagung
|
5
|
Rp.50.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + jamur
|
5
|
Rp.50.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam 2 kombinasi
|
3
|
Rp.39.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam 3 kombinasi
|
3
|
Rp.45.000
|
TOTAL
|
80
|
Rp.424.000
|
4.3
KEUNGGULAN BARANG ATAU JASA YANG DIHASILKAN
Keunggulan usaha yang saya jalankan
adalah sebagai berikut
1. Inovasi
rasa yang ditawarkan penuh variasi
2. Produk
yang praktis dan higenis
3. Penyajian
yang unik dan simple serta ramah lingkungan
4. Harga
yang relatif terjangkau
5.
PERENCANAAN
PEMASARAN BISNIS
5.1
STRATEGI
PEMASARAN
Strategi
produk ( kemasan dan merek )
Kemasan produk yang
ditawarkan unik, simple, ramah lingkungan dan higenis. Serta sangat menarik
tentunya.
Strategi
distribusi
Proses penjualan
dilakukan oleh 1 orang tenaga kerja yang bertugas melayani dan membuat pesanan
secara langsung yang dituntut ramah, bersih dan jujur pada konsumen.
Strategi
promosi ( iklan, brosur, pameran)
1. Promosi
penjualan
·
Jaminan kualitas produk
·
Gerai unik dan menarik
·
Memberikan potongan
harga pada pembelian tertentu
·
Keikutsertaan pada even
pameran/bazaar
·
Memberikan taster bagi
calon pembeli
2. Iklan
·
Brosur yang dilengkapi
daftar harga
Strategi
penetapan harga
Harga yang ditawarkan
sesuai dengan kemampuan konsumen dan jenis bahan yang digunakan, taksirannya
adalah sebagai berikut :
Jenis
produk
|
Harga
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam
|
Rp
7000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + keju
|
Rp
9000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + telur
|
Rp
8000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + rumput laut kering
|
Rp
9000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + jagung
|
Rp
10.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam + jamur
|
Rp
10.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam 2 kombinasi
|
Rp
13.000
|
Crepes
Hot Dog original sapi/ayam 3 kombinasi
|
Rp
15.000
|
5.2
ANALISIS
PESAING
PESAING
|
KEUNGGULAN
|
KELEMAHAN
|
Penjual makanan ringan/camilan lain
disekitar USU
|
Harga yang murah
|
1. Tidak
higenis
2. Kemasan
kurang menarik
3. Rasa
yang ditawarkan tidak variatif
|
Café dan restaurant di sekitar kampus
|
Rasa yang ditawarkan
Cukup menarik
|
1. Harga
yang
Tidak
sesuai
Kantong
masyarakat
|
5.3
ANALISIS
PRODUKSI (OPERASI)
5.3.1
PROSES
PRODUKSI
CREPES HOT DOG
BAHAN
Bahan Kulit:
1.
200 gram tepung terigu protein sedang
2.
1 sendok teh baking powder
3.
1 butir telur
4.
20 gram gula pasir halus
5.
300 susu cair
6.
1/4 sendok teh garam
7.
2 sendok makan margarin, dilelehkan
Bahan
isian :
1.
Selada
2.
Mentimun
3.
Tomat
4.
Bawang Bombay
5.
Sosis ayam/sapi
Pelengkap :
1.
Keju
2.
Telur
3.
Rumput laut kering
4.
Jagung
5.
Jamur
ALAT
1.
Kompor gas
2.
Gelas
3.
Wajan datar martabak
4.
Sutil
5.
Sendok sayur
CARA PEMBUATAN
1.
Kocok lepas telur dan gula pasir halus sampai gula larut. Tuang susu
cair sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
2.
Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu dan baking powder sambil
diaduk rata. Tambahkan garam dan margarin leleh. Aduk rata.
3.
Panaskan wajan martabak.
4.
Tuang satu sendok sayur kecil adonan. Segera ratakan sampai tipis.
5. Tata irisan selada, tomat, mentimun, bawang
Bombay, dan 1 buah sosis, dan beri bahan tambahan sesuai selera, beri saus
cabai dan saus tomat secukupnya dan terakhir tambahkan mayones, lalu lipat bagian
bawahnya lalu lanjut kesisi kiri dan kanannya sampai berbentuk lonjong panjang
dan sedikit berbentuk segitiga. Angkat sajikan.
5.2.2
BAHAN BAKU DAN PENOLONG
BAHAN BAKU
PENGGUNAANNYA
BAHAN
BAKU
|
KEBUTUHAN
RATA-RATA / BULAN
|
SUMBER
|
Sosis
ayam
|
30
bungkus
|
Carefour
|
Sosis
sapi
|
30
bungkus
|
Carefour
|
Mentimun
|
30
kg
|
Pajak
sore djamin ginting
|
Selada
|
2
kg
|
Pajak
sore djamin ginting
|
Tomat
|
20
kg
|
Pajak
sore djamin ginting
|
Bawang
Bombay
|
20
kg
|
Pajak
sore djamin ginting
|
Tepung
terigu segitiga bigu
|
10
kg
|
Carefour
|
Baking
powder
|
3
cup kecil
|
Carefour
|
Telur
|
40
butir
|
Pajak
sore djamin ginting
|
Gula
pasir
|
2
kg
|
Carefour
|
Garam
|
1
bungkus kecil
|
Carefour
|
Margarine
buleband
|
3
kaleng sedang
|
Carefour
|
Susu
cair
|
10
kotak besar
|
Carefour
|
BAHAN PENOLONG DAN
PENGGUNAANNYA
BAHAN
PENOLONG
|
KEBUTUHAN
RATA-RATA/ BULAN
|
SUMBER
|
Saus
tomat
|
30
botol
|
Carefour
|
Saus
cabai
|
30
botol
|
Carefour
|
Mayonais
|
30
botol
|
Carefour
|
Keju
|
15
lembar
|
Carefour
|
Rumput
laut
|
1
bungkus besar
|
Carefour
|
Jamur
|
15
kaleng
|
Carefour
|
Jagung
|
15
kaleng
|
Carefour
|
6.
RENCANA
KERJA
Kegiatan
|
Bulan
ke
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Peralatan
dan perlengkapan
|
√
|
|
|
|
|
Perekrutan
pekerja
|
√
|
|
|
|
|
Gerai
tempat usaha
|
√
|
|
|
|
|
Penambahan
pelayanan
|
|
√
|
|
|
|
Pengembangan
usaha
|
|
|
√
|
|
|
Pembukuan
aliran kas usaha
|
|
|
|
√
|
|
7.
PROYEKSI
KEUANGAN
7.1
BIAYA
INVESTASI AWAL
ITEM
|
JUMLAH
BIAYA
|
1
unit kompor gas HOK
|
Rp
150.000
|
1
unit tabung gas
|
Rp
150.000
|
1
set peralatan dapur (wajan, sutil, sendok, pisau dll)
|
Rp 300.000
|
I
unit stelling dan kursi plastic
|
Rp
520.000
|
I
unit gerai gerobak
|
Rp
1.500.000
|
1
rim brosur
|
Rp
100.000
|
5
lusin kertas penjepit hot dog
|
Rp
200.000
|
Gas
30 kg
|
Rp
15.000
|
Total
|
Rp
2.935.000
|
7.2
LAPORAN KEUANGAN
PROYEKSI LAPORAN ARUS
KAS 3 BULAN AWAL USAHA
CREPES HOT DOG “
CREDOG”
TAHUN 2013
|
Bulan
1
|
Bulan
2
|
Bulan
3
|
A. PENERIMAAN
(berdasarkan perkiraan )
|
|
|
|
Penerimaan
penjulan
|
Rp
12.720.000
|
Rp
12.720.000
|
Rp
12.720.000
|
Penerimaan
pinjaman
|
Rp
3.000.000
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Penerimaan
lain-lain
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Sub
total penerimaan
|
Rp
15.720.000
|
Rp
12.720.000
|
Rp
12.720.000
|
B. PENGELUARAN
(sesuai dengan kebutuhan)
|
|
|
|
Pembelian
asset (investasi)
|
Rp
2.935.000
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Pembelian
bahan baku
|
Rp
2.765.000
|
Rp
2.765.000
|
Rp
2.765.000
|
Pembelian
bahan penolong
|
Rp
1.435.000
|
Rp
1.435.000
|
Rp
1.435.000
|
Upah
pekerja produksi
|
Rp
700.000
|
Rp
700.000
|
Rp
700.000
|
Biaya
transport (pengiriman produk)
|
Rp
400.000
|
Rp
400.000
|
Rp
400.000
|
Biaya
produk lain-lain
|
Rp
300.000
|
Rp
300.000
|
Rp
300.000
|
Gajih
pinjaman
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Gajih
staf administrasi dan umum
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Biaya
pemeliharaan
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Biaya
pemasaran
|
Rp
250.000
|
Rp
250.000
|
Rp
250.000
|
Alat
tulis kantor
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Biaya
air/listrik/telepon
|
Rp
150.000
|
Rp
150.000
|
Rp
150.000
|
Sewa
tempat
|
Rp
300.000
|
Rp
300.000
|
Rp
300.000
|
Angsuran
pokok
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Biaya
bunga
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Biaya
pajak
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Biaya
lain-lain
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Rp
0
|
Sub
total pengeluaran
|
Rp.
|
Rp
6.300.000
|
Rp
6.300.000
|
C. SELISIH
KAS
|
Rp
0
|
Rp
6.420.000
|
Rp
6.420.000
|
D. SALDO KAS AWAL
|
Rp
6.485.000
|
Rp
6.485.000
|
Rp
6.485.000
|
E. SALDO
KAS AKHIR
|
Rp
6.485.000
|
Rp
65000
|
Rp
65000
|
7.3
RENCANA
ARUS KAS (CASH- FLOW)
RENCANA
ARUS KAS (dalam ribuan rupiah)
CREPES
HOT DOG “ CREDOG “
2013
A.
PENERIMAAN
|
BLN 1
|
BLN 2
|
BLN 3
|
BLN 4
|
BLN 5
|
BLN 6
|
BLN 7
|
BLN 8
|
BLN 9
|
BLN
10
|
BLN
11
|
BLN12
|
penerimaan
penjalan
|
12720
|
12720
|
12720
|
12500
|
12500
|
12500
|
12800
|
12800
|
12700
|
12600
|
12750
|
12800
|
penerimaan
pinjaman
|
3000
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
penerimaan
lain-lain
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
sub
total penerimaan
|
15720
|
12720
|
12720
|
12500
|
12500
|
12500
|
12800
|
12800
|
12700
|
12600
|
12750
|
12800
|
B.
PENGELUARAN
|
||||||||||||
pembelian
aset
|
2935
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
pembelian
bahan baku
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
2765
|
pembelian
bahan pembantu
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
1435
|
upah
pekerja produksi
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
700
|
trasport
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
biaya
produksi lai-lain
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
gajih
pimpinan
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
gajih
staf adm
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
biaya
pemeliharaan
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
biaya
pemasaran
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
250
|
alat
tulis kantor
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
listrik/air/telepon
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
150
|
biaya
sewa tempat
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
300
|
angsuran
pokok
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
biaya
bunga
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
biaya
pajak
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
pengeluaran
lain-lain
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
sub
total pengeluaran
|
9235
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
6300
|
C.
SELISIH KAS
|
0
|
6420
|
6420
|
6200
|
6200
|
6200
|
6500
|
6500
|
6400
|
6300
|
6450
|
6500
|
D.
SALDO KAS AWAL
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
6485
|
E.
SALDO KAS AKHIR
|
6485
|
12905
|
12905
|
12685
|
12685
|
12685
|
12985
|
12985
|
12885
|
12785
|
12935
|
12985
|
8.
ANALISIS
RESIKO USAHA
8.1
ANALISIS
RESIKO USAHA
Adapun resiko usaha yang pasti akan saya hadapai
adalah sebagai berikut :
·
Kenaikan harga bahan
baku yang tidak menentu
·
Kenaikan UMR
·
Selera masyarakat yang
menurun
·
Kerusakan peralatan
·
Premanisme
·
Munculnya usaha dengan
meniru produk
·
Tenaga kerja yang tidak
professional ( terkait pelayanan terhadap konsumen)
8.2
ANTISIPASI
RESIKO USAHA
Untuk mengantisipasi resiko yang akan muncul saya
melakukan beberapa hal sebagai berikut :
·
Menjalin kemitraan
·
Menjalin hubungan kerja
yang baik dengan karyawan
·
Menciptakan variasi
rasa terbaru bagi produk
·
Perawatan peralatan
secara berkala dan rutin
·
Menjalin kerjasama yang
baik dengan anggota keamanan disekitar tempat usaha
·
Memberikan ciri khas
bagi produk yang sulit ditiru pesaing
·
Merekrut tenaga kerja
yang professional
9.
PENUTUP
Demikian saya membuat perencanaan bisnis ini, semoga
segera dapat telealisasikan, dan dapat memberi insfirasi bagi saya kedepannya
untuk terus maju mendukung terlaksananya bisnis saya ini tentunya dengan
prosfek yang baik. namun saya menyadari masih banyaknya kesalahan baik itu
kekurangan atau ketidak jelasan dalam hal penulisan atau analisis perencanaan
bisnis ini saya mohon kan untuk kritik dan saran yang saya harap dapat
memotivasi saya untuk lebih baik kedepannya, dan semoga rencana bisnis ini
segera berjalan dengan baik.
pembahasannya sangat lengkap Kak, terimakasih banyak ilmunya, sangat membantu...
ReplyDeleteSoftware Kasir Restoran
makasi kak
ReplyDeletebagus banget makasih kakakkkk
ReplyDelete